Cara Membaca Hasil Lab Hepatitis B (HbSAg Positif)

membaca hasil lab hbsag

Bagaimanakah cara membaca hasil lab hepatitis B atau HbSAg positif/reaktif? pertanyaan ini sering muncul ketika seseorang telah melakukan cek up di lab. Sangat penting sekali kita mengetahui nilai normal HbSAg reaktif sebagai evaluasi dan tindak lanjut apakah bisa sembuh tanpa berobat atau harus berobat. Tentunya ini berdasarkan hasil lab itu sendiri, melebihi batas normal, normal atau kurang dari batas normal sehingga nantinya tindakan yang kita lakukan akan tepat sasaran.

Dalam artikeli ini akah kita kupas sedikit tentang penyakit hepatitis B, Hepatitis B adalah virus yang menginfeksi hati. Kebanyakan orang dewasa yang terkena penyakit ini dalam waktu yang singkat kemudian merasa jauh lebih baik maka ini dinamakan Hepatitis B Akut.

Terkadang virus menyebabkan infeksi jangka panjang atau sering disebut juga Hepatitis B kronis dan hal tersebut dapat merusak hati. dibandingkan orang dewasa, biasanya Bayi dan anak-anak lebih sering terkena hepatitis B kronis. Tiap orang bisa saja memiliki penyakit hepatitis b tanpa sadar mereka telah terjangkit, karena tidak ada gejala sama sekali.

Jika Anda sudah memeriksakan diri ke dokter dan pemeriksaan lab, sebaiknya Anda konsultasikan untuk penerapan pengobatan yang tepat dengan membaca sesuai hasil atau nilai normal hbsag reaktif.

Apa yang harus dilakukan jika anda mendapatkan hasil LAB HbSAg (+) ?
(biasanya ketauan waktu medical check up)

Konsultasi kedokter dan ikuti saran dokter yang merawat
Ini alur yang akan disarankan oleh dokter pada anda :
Cek kadar SGOT, SGPT dan HbeAg

Jika HbeAg (+) dan jika :

  • SGOT kurang dari 1 kali batas atas normal (Nilai normal SGOT adalah 3-45 u/L) tidak diobati dan cek ulang SGOT/SGPT tiap 3-6 bulan dan HbeAg tiap 6-12 bulan
  • SGOT 1-2 kali batas atas normal kalau ada fasilitas biopsi liver sangat disarankan untuk biopsi, tetapi jika tidak kondisi ini tidak diobati dan cek SGOT/SGPT tiap 3 bulan dan HbeAg tiap 6 bulan
  • SGOT lebih dari 2 kali batas atas normal dan menetap dalam 1-3 bulan maka anda harus diobati


Jika HbeAg (-) dan jika : (anda akan disarankan cek HBV-DNA)

  • SGOT lebih dari 2 kali batas atas normal atau HBV-DNA lebih dari 20.000 IU/mL anda harus diobati
  • SGOT 1-2 kali batas atas normal atau HBV-DNA 2.000-20.000 IU/mL anda sebaiknya diobati
  • SGOTkurang dari 1 kali batas atas normal atau HBV-DNA kurang dari 2.000 IU/mL anda belum perlu diobati, dan cek SGOT/SGPT tiap 6-12 bulan


Kenapa HbeAg (+) dengan IgM Anti-HBc (+) tidak disuruh cek HBV-DNA?

Karena pastinya ini kondisi virus aktif beranak pinak so pasti HBVDNA tinggi (akut), tetapi meskipun demikian kondisi ini masih ada kemungkinan untuk serokonversi spontan (bahkan sembuh sendiri tanpa diobati), sehingga jika tidakmasuk dalam kategori harus diobati maka hanya perlu dievaluasi (kecuali SGOT bertahan lebih dari 2 kali batas atas nilai normal saat dievaluasi 1-3 bulan kemudian). Source : kaskus


Apakah HbsAg bisa menjadi negatif dan bagaimana caranya?

HbsAg bisa menjadi negatif, tetapi sayangnya tidak selalu HbsAg bisa menjadi negatif.
Caranya : berobat

Adakah obat Herbal untuk pengobatan hepatitis B.

Ada terutama untuk terapi complementary (pelengkap) seperti yang sudah banyak saya sarankan kepada pasien dengan keluhan hepatitis B yaitu Vitaline, Chitin Extract dan Muncord Capsules.
Herbal yang berfungsi sebagai antiviral yaitu Suatu agen yang secara eksperimental menghambat proliferasi dan kelangsungan hidup virus menular. Dalam domain obat-obatan herbal, beberapa tanaman akan memperlambat atau menghambat adsorpsi atau lampiran awal acak virus, memperpanjang umur sel sasaran terinfeksi, atau mempercepat beberapa aspek imunitas, termasuk pelengkap, antibodi, dan tanggapan fagositosis. Herbal antivirus bekerja dengan baik pada virus pernapasan seperti influenza, adenovirus, rhinoviruses, dan echoviruses enterik. Disebut-sebut sebagai berguna dalam kelompok abjad dari virus lambat (HIV, EBV, CMV, dll), antiviral benar-benar membantu untuk membatasi infeksi sekunder pernapasan bersamaan yang sering menyertai imunosupresi.

Dimanakah mendapatkan obat tersebut?
Untuk mendapatkan obatnya bisa konsultasi langsung ke klinik kami atau bisa pesan secara online bagi yang tidak memungkinkan untuk datang langsung. Untuk itu silahkan buat janji bertemu terlebih dahulu memastikan bisa atau tidaknya untuk konsultasi langsung.

Konsultasi dan pembelian obatnya secara langsung memang sangat disarankan, tapi apabila memang tidak memungkinkan, silahkan konsultasi dan pemesanan obatnya secara online di nomor kotak berikut :

Kontak Layanan Konsultasi dan Pemesanan:
BBM : 5D93BA39
SMS/WA : 0878-2912-0877

0 Response to "Cara Membaca Hasil Lab Hepatitis B (HbSAg Positif)"

Posting Komentar