Tes Darah untuk Mengetahui Penyakit Jantung

Seperti yang telah dibahas sebelumnya mengenai Macam-macam Pemeriksaan Penyakit Jantung salah satunya adalah dengan Tes Darah untuk Mengetahui Penyakit Jantung. Artikel sebelumnya juga sudah membahas tentang Mengenal Prosedur Tes Angiogram Koroner (Pemeriksaan Jantung) dan sekarang akan kita bahas mengenai tes darah.

Tes Darah untuk Mengetahui Penyakit Jantung


Tes darah

Tes darah dapat membantu dokter menilai kesehatan jantung Anda, dengan memeriksa risiko untuk mengembangkan penyakit jantung dan peredaran darah.

Jika Anda sudah didiagnosis dengan kondisi jantung, tes darah dapat membantu memantau kondisi dan efek dari obat-obatan jika Anda sedang mengonsumsi.

Apa itu tes darah?

Tes darah adalah ketika sampel darah diambil untuk pengujian di laboratorium.

Dokter atau perawat dapat mengambil darah untuk sampel, atau kadang-kadang phlebotomist (seseorang yang secara khusus dilatih untuk mengambil sampel darah) akan melaksanakan tes. tes darah bisa dilakukan di rumah sakit atau di klinik dokter umum setempat.

Bagaimana cara darah diambil?

Bagi kebanyakan tes darah, darah akan diambil melalui jarum yang dimasukkan melalui kulit Anda ke pembuluh darah. lengan biasanya sering digunakan karena mudah diakses, dan tempat-tempat umum untuk mengambil darah dari dalam siku atau bagian atas pergelangan tangan Anda, karena pembuluh darah Anda lebih dekat ke permukaan di sana.

Sebuah band yang ketat (tourniquet) biasanya diletakkan di sekitar lengan atas. Ini menyebabkan pembuluh darah membengkak dan terisi darah sehingga memudahkan sampel darah yang akan diambil. daerah yang akan diambil darahnya dapat dibersihkan dengan antiseptik menghapus atau swab sebelum tes diambil.

jarum biasanya melekat baik jarum suntik atau menggunakan alat khusus, jadi setelah sampel darah telah diambil dengan mudah dapat dikirim ke laboratorium untuk analisis.

Tes darah biasanya hanya membutuhkan waktu beberapa menit.

Apakah tes darah sakit?

Anda mungkin merasa sensasi tusukan sedikit saat jarum masuk, tetapi seharusnya tidak menyakitkan. Anda juga mungkin merasa sedikit ketidaknyamanan ketika jarum diambil keluar.

Jika Anda tidak menyukai jarum dan suntikan, biarkan orang yang mengambil sampel tahu sehingga mereka dapat membuat Anda lebih nyaman. Jika Anda merasa cemas tentang tes darah Anda, meminta anggota keluarga atau teman untuk pergi bersama dengan Anda.

Jarang, beberapa orang merasa pingsan selama tes darah. Beritahu orang yang melakukan tes jika Anda merasa lemas karena Anda harus segera berbaring.

Bagaimana setelah itu?

Setelah sampel telah diambil, Anda atau profesional kesehatan Anda akan menerapkan tekanan ke daerah dengan perban untuk menghentikan pendarahan dan mencegah pembengkakan dan memar.

Anda mungkin masih mendapatkan memar kecil atau bengkak di mana jarum masuk ke kulit. Jika ini terasa menyakitkan Anda harus mengistirahatkan lengan Anda sebanyak mungkin dan mencoba menempatkan es di daerah bagian yg sakit. Jika Anda khawatir atau sakit parah, berbicara dengan dokter atau perawat untuk saran lebih.

Karena hanya sejumlah kecil darah diambil dalam tes darah, Anda tidak perlu merasa sakit karena kehabisan darah.

Berbagai jenis tes darah

Jenis yang paling umum dari tes darah yang digunakan untuk menilai kondisi jantung adalah:
  • Tes enzim jantung (termasuk tes troponin) - yang membantu menunjukkan jika Anda  otot jantung telah rusak
  • Hitung darah lengkap (FBC=full blood count) - yang mengukur berbagai jenis sel darah dalam darah dan dapat menunjukkan, misalnya, jika ada infeksi dalam aliran darah Anda
  • Tes fungsi tiroid - yang menunjukkan jika Anda memiliki tiroid kurang aktif atau terlalu aktif, yang dapat dihubungkan dengan jantung berdebar atau detak jantung yang sangat lambat atau cepat
  • BNP (B-type natriuretic peptide) tes - yang menunjukkan tingkat hormon dalam darah Anda yang dapat menjadi tanda dari  gagal jantung
  • U dan Es tes - ini singkatan dari 'urea dan elektrolit' dan menunjukkan jika ada terlalu banyak atau terlalu sedikit natrium atau kalium dalam darah Anda. Ini penting untuk fungsi keseluruhan hati dan juga membantu keledai fungsi ginjal. Ketidakseimbangan dalam darah dapat dihubungkan dengan  obat-obatan yang Anda konsumsi.

0 Response to "Tes Darah untuk Mengetahui Penyakit Jantung"

Posting Komentar