Mengenal Prosedur Tes Angiogram Koroner (Pemeriksaan Jantung)

Mengenal Prosedur Tes Angiogram Koroner (Pemeriksaan Jantung) - Angiogram memungkinkan dokter untuk melihat ke dalam arteri koroner dan mencari tahu di mana dan seberapa parah setiap daerah yang menyempit. Ini juga dikenal sebagai angiogram koroner atau kateterisasi jantung.
Prosedur ini membantu dokter memutuskan pengobatan apa yang mungkin di butuhkan. Hal ini juga dapat memberikan informasi tentang cara efektif jantung Anda memompa dan tentang tekanan darah di dalam jantung. Angiogram juga dapat membantu untuk menyelidiki kondisi lain, seperti penyakit jantung bawaan .

Mengenal Prosedur Tes Angiogram Koroner (Pemeriksaan Jantung)

Apa yang terjadi selama angiogram?

Tes ini dilakukan di laboratorium Cath. Biasanya tes 💓 berlangsung selama setengah jam, meskipun kadang-kadang bisa memakan waktu lebih lama dari itu.

  • rumah sakit akan meminta Anda untuk tidak makan atau minum apa pun selama beberapa jam sebelum angiogram dilakukan.
  • Anda akan diberi bius lokal di lengan atau pangkal paha, di mana kateter (tabung tipis fleksibel) akan diteruskan ke dalam arteri.
  • Menggunakan x-ray, kateter akan diarahkan melalui pembuluh darah dan ke dalam Jantung Anda.
  • Sebuah pewarna khusus kemudian akan diteruskan melalui kateter dan serangkaian x-ray akan diambil. Anda mungkin merasa panas, pembilasan sensasi dari pewarna. pewarna akan muncul setiap daerah menyempit atau penyumbatan di arteri pada x-ray.
  • Selama prosedur, Anda akan dipantau oleh monitor jantung yang mencatat denyut jantung dan irama, tetapi jika Anda merasa tidak sehat atau tidak nyaman setiap saat, Anda harus memberitahu anggota staf rumah sakit.

Apa yang terjadi setelah itu?

Setelah prosedur, kateter akan dihapus dan Anda mungkin memiliki sejumlah kecil perdarahan. Jika demikian, perawat atau dokter akan menekan dipotong untuk sementara atau memasukkan sebuah plug disebut angioseal.

Mereka mungkin meminta Anda untuk tinggal di tempat tidur untuk waktu yang singkat. Kebanyakan orang bisa pulang pada hari yang sama, tetapi beberapa orang mungkin tinggal di rumah sakit lebih lama.

Yang paling umum efek setelahnya adalah memar di sekitar area selangkangan, jika itu adalah di mana kateter Anda dimasukkan ke dalam, dan Anda mungkin merasa lembut selama beberapa hari.

Anda mungkin merasa lelah, tetapi Anda harus kembali normal dalam beberapa hari. Jika Anda khawatir tentang apapun setelah-efek angiogram, hubungi dokter Anda.

Banyak orang yang memiliki angiogram koroner pergi untuk memiliki pengobatan yang disebut angioplasti koroner .

Apa yang dimaksud dengan angiogram koroner CT?

CT singkatan dari 'computerized tomography'. CT scan adalah jenis canggih X-ray.

Sebuah angiogram koroner CT menunjukkan aliran darah melalui arteri koroner. Tes ini mirip dengan angiogram koroner tradisional. Namun, dalam tes ini dye disuntikkan ke dalam vena kecil di lengan Anda daripada arteri di pangkal paha. Hal ini membuat tes kurang invasif dibandingkan angiogram tradisional. Anda kemudian akan berbaring di tempat tidur yang melewati pembukaan berbentuk donat di CT scanner untuk membuat gambar hati Anda.

Sebuah angiogram koroner CT umumnya tidak mampu mendeteksi narrowings di arteri koroner kecil atau di cabang kecil sebagai angiogram koroner tradisional. Jadi, untuk saat ini, angiogram koroner standar masih merupakan 'standar emas' untuk mendiagnosis penyakit jantung koroner.

Resiko

Angiogram adalah tes yang relatif aman dan jarang terjadi komplikasi serius.

Jika terjadi perdarahan dari daerah yang kateter ditempatkan, Anda mungkin mengembangkan koleksi darah di bawah kulit, yang disebut hematoma. Hal ini dapat nyaman dan menyebabkan memar, tapi ini harus turun setelah beberapa hari. Namun, hubungi dokter Anda jika Anda memiliki masalah apapun.

Risiko tergantung pada kondisi kesehatan jantung individu, secara keseluruhan dan - dokter tidak akan merekomendasikan tes jika mereka tidak merasakan manfaat lebih besar daripada risiko kecil.

Sejumlah kecil radiasi digunakan selama angiogram. Jika Anda terkena banyak radiasi, dapat meningkatkan risiko kanker. Namun, jumlah radiasi yang cukup kecil. Jika kemungkinan bahwa Anda memiliki penyakit jantung koroner, mengurangi risiko pada tidak memiliki tes mungkin jauh lebih besar daripada risiko dari radiasi.


Ikhtisar Tes Angiogram

Angiogram adalah X-ray tes yang menggunakan pewarna khusus dan kamera ( fluoroskopi ) untuk mengambil gambar dari aliran darah di arteri (seperti aorta ) atau vena (seperti vena cava). Angiogram dapat digunakan untuk melihat arteri atau vena di kepala, lengan, kaki, dada, punggung, atau perut.

angiogram umum dapat melihat arteri dekat jantung (angiogram koroner), paru-paru (pulmonary angiogram), otak (cerebral angiogram), kepala dan leher (karotid angiogram), kaki atau lengan (perifer), dan aorta (aortogram).

Selama angiogram, sebuah tabung tipis yang disebut kateter ditempatkan ke dalam pembuluh darah di selangkangan (arteri femoralis atau vena) atau tepat di atas siku (arteri brakialis atau vena). Kateter dipandu ke daerah untuk dipelajari. Maka pewarna iodine ( bahan kontras ) disuntikkan ke kapal untuk membuat acara daerah jelas pada gambar X-ray. Metode ini dikenal sebagai angiogram konvensional atau kateter. Gambar-gambar angiogram dapat dibuat menjadi teratur film X-ray atau disimpan sebagai gambar digital di komputer.

Angiogram dapat menemukan tonjolan di pembuluh darah ( aneurisma ). Hal ini juga dapat menunjukkan penyempitan atau penyumbatan di pembuluh darah yang mempengaruhi aliran darah. Angiogram dapat menunjukkan jika penyakit arteri koroner hadir dan seberapa buruk itu.

Sebuah resonance angiogram magnetik (MRA) atau computed tomography angiogram (CTA) dapat menjadi pilihan bukan sebuah angiogram. Setiap tes kurang invasif dibandingkan angiogram standar. Beberapa tes MRA dan semua tes CTA membutuhkan suntikan zat warna. Sebuah CTA juga melibatkan paparan radiasi.

Alat kesehatan

Kesehatan Alat membantu Anda membuat keputusan kesehatan yang bijaksana atau mengambil tindakan untuk meningkatkan kesehatan Anda.

Decision Points fokus pada keputusan perawatan medis kunci yang penting bagi banyak masalah kesehatan.

Sebuah angiogram dilakukan untuk:
  • Mendeteksi masalah dengan pembuluh darah yang mempengaruhi aliran darah. Contoh masalah tersebut termasuk air mata di pembuluh darah (yang dapat menyebabkan penyumbatan atau pendarahan internal), aneurisma (yang kelemahan dalam dinding pembuluh darah), dan daerah menyempit.
  • Melihat perubahan dalam pembuluh darah organ terluka atau rusak.
  • Tampilkan pola aliran darah ke tumor. Hal ini tidak hanya dapat membantu menunjukkan berapa banyak tumor telah menyebar tetapi juga memandu pengobatan.
  • Menunjukkan kondisi, jumlah, dan lokasi arteri ginjal sebelum transplantasi ginjal.
  • Mencari sumber perdarahan, seperti maag .
  • Mempersiapkan diri untuk operasi pada pembuluh darah yang sakit dari kaki ( penyakit arteri perifer ) pada orang yang memiliki sakit kaki parah saat berjalan.
  • Lihat seberapa buruk aterosklerosis adalah di arteri koroner .
Dalam beberapa kasus, metode yang disebut radiologi intervensi dapat digunakan selama angiogram untuk mengobati penyakit. Misalnya, kateter dapat digunakan untuk membuka pembuluh darah tersumbat, memberi obat untuk tumor, atau menghentikan perdarahan usus yang disebabkan oleh perdarahan divertikular . Untuk menghentikan pendarahan usus, kateter dipindahkan ke dalam arteri kecil di mana perdarahan terjadi, dan obat-obatan yang menyempit arteri atau menyebabkan darah untuk membeku disuntikkan melalui kateter.

0 Response to "Mengenal Prosedur Tes Angiogram Koroner (Pemeriksaan Jantung)"

Posting Komentar